Bisnis

Bisnis di Bidang Pertanian yang Memiliki Potensi Keuntungan Besar

Bisnis di Bidang Pertanian yang Memiliki Potensi Keuntungan Besar

Bernierforcongress – Mengingat tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai usaha pertanian, kini menjadi usaha yang sangat diminati banyak orang. Tidak hanya di pedesaan tetapi juga di kota-kota modern, petani modern hidup di kota-kota besar. Saat ini, standar pertanian tidak membutuhkan area yang luas. Karena dalam praktiknya, banyak inovasi teknologi telah dimanfaatkan di bidang pertanian.

Teman – teman bisa menjadi petani pemula hanya dalam beberapa meter lahan. Jika dulu pertanian selalu sama dengan di tempat yang panas, kotor dan bau, namun sekarang perdagangan di bidang pertanian telah banyak mengalami perubahan. Misalnya istilah hortikultura, terrier, dan hidroponik merupakan contoh praktis dari metode pertanian modern yang tidak membutuhkan banyak lahan. Ada banyak alasan mengapa seseorang terlibat dalam pertanian. Selain meminta modal yang banyak, teman – teman juga bisa mendapatkan keuntungan yang sangat bermanfaat sebagai seorang pengelola bisnis. Pertanian tidak selalu tentang menanam padi di sawah. Berikut adalah contoh peluang usaha pertanian yang menguntungkan.

1. Membudidayakan Tanaman Hias

Tidak hanya memenuhi kebutuhan pokok, usaha pertanian kerap dikaitkan dengan tanaman hias. Koleksi tanaman hias banyak dilakukan oleh kaum wanita untuk menciptakan lingkungan rumah yang sejuk, anggun dan asri. Untuk menjalankan bisnis ini, teman – teman harus selalu mengikuti perkembangan pasar. Saat teman – teman baru pertama kali terjun dalam bisnis jual tanaman hias, disarankan untuk memilih jenis tanaman yang banyak diminati oleh masyarakat.

2. Membuat Bisnis Tanaman Hidroponik

Pencarian lahan sangat sulit, dan sistem hidroponik merupakan solusi untuk lahan pertanian yang terbatas. Ini mencakup konsep pertanian dengan menggunakan media air hidroponik, terutama di kota-kota besar di mana erosi tanah menjadi masalah. Tidak semua orang bisa bercocok tanam dengan metode hidroponik. Namun, upaya ini dapat dilakukan dengan mudah. Teman – teman bisa menggunakan botol, gelas, atau botol plastik yang telah digunakan sebagai media penyimpanan. Saat ini ada yang menjual paket usaha hidroponik dengan instruksi.

3. Bisnis Berjualan Pupuk

Menjual pupuk tidak pernah menjadi peluang bisnis kosong bagi konsumen. Permintaan pupuk selalu tinggi baik di perkotaan maupun pedesaan. Selain itu, saat musim tanam, toko pupuk akan digerebek oleh petani yang akan mulai bertani. Pupuk tidak hanya digunakan untuk menyuburkan tanaman padi, tetapi juga buah dan sayur. Hampir semua tanaman sekarang membutuhkan pupuk, termasuk tanaman hias. Tak hanya pupuk, berbagai jenis vitamin juga digemari.

4. Membuka Bisnis Tanaman Rempah

Selama ini, hanya sedikit yang memanfaatkan kesempatan untuk membudidayakan bumbu dan rempah-rempah. Jadi kamu bisa mulai dulu. Jamu dan rempah memiliki pasarnya sendiri, karena diolah menjadi pengobatan alternatif atau herbal. Tanaman ini mudah dijual dan dipasarkan, apalagi jika teman – teman sudah mengetahui pasarnya. Tanaman seperti jahe, kantung empedu, kayu manis, dan jeruk purut stabil dan banyak diminati di pasar tradisional. Jika lebih diperhatikan, peluang bisnis di bidang ini lebih kecil risikonya dibandingkan dengan menanam sayur mayur atau buah-buahan. Manfaatnya pun tidak sedikit.

5. Menjual Sayuran dan Buah-buahan Organik

Pertanian sayuran dan buah-buahan organik termasuk dalam kelompok usaha modal kecil. Ini karena teman – teman tidak perlu membeli alat pertanian khusus, seperti pestisida atau pupuk buatan. Sayuran dan buah-buahan organik juga banyak diminati di pasar. Harga sayuran selalu lebih tinggi dari biasanya. Sayur dan buah-buahan yang mereka jual sangat digemari karena ingin terbebas dari hama. Apalagi jika menawarkan produk yang lebih segar dan lebih murah dibandingkan yang dijual di pasar atau supermarket. Ini juga menguntungkan pelanggan karena mereka tidak punya waktu untuk melakukan perjalanan langsung dari sistem pengiriman rumah ke penjual.

Referensi:

Blog Tentang Bisnis Online

Tips Sukses Bisnis Jual Beli Baju

Tips Sukses Bisnis Jual Beli Baju

Bernierforcongress – Memulai dan mengembangkan bisnis baru merupakan tantangan tersendiri bagi orang-orang yang melakukannya. Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa ini bukanlah sesuatu yang luar biasa karena mereka sudah terbiasa, tetapi bagi seorang pemula hal ini jelas membutuhkan pemikiran dan konsep yang benar-benar matang ketika diimplementasikan. Semuanya harus direncanakan dengan sempurna agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan.

Salah satu perusahaan paling menjanjikan yang selalu menarik bagi banyak orang adalah industri pakaian. Tentunya sebagai salah satu kebutuhan terpenting masyarakat, industri sandang tidak akan pernah kehabisan pembeli. Namun hal ini tentunya berbanding lurus dengan banyaknya pelaku usaha di bidang ini yang tidak pernah sepi, dan jika peluangnya banyak tentu akan banyak pesaing yang akan mencoba memanfaatkannya.

Sebagai pemula dalam dunia sandang, Anda tidak harus selalu khawatir dengan ketatnya persaingan, kita tetap bisa sukses di bidang ini jika kita membuat business plan yang baik dan dengan cerdik melaksanakannya. Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menjalankan bisnis sandang:

1. Memulai bisnis dengan menjadi dealer / dropshipper

Banyak orang selalu beranggapan bahwa kendala terbesar dalam membangun bisnis adalah modal. Ini mungkin benar tetapi tidak sepenuhnya karena ada banyak pilihan untuk menyelesaikan masalah modal yang terbatas, salah satunya menjadi pengecer pakaian atau dealer dropshipper.

Tidak punya modal? Ya tentu saja kita bisa berbisnis tanpa modal. Di sini kita hanya perlu mengandalkan keahlian pemasaran kita, jadi lupakan manufaktur, pembelian modal, dan hal-hal lainnya. Kita bisa memulai bisnis menjadi reseller / dropshipper dengan melihat poin-poin berikut ini:

Menemukan pemasok produk yang tepat

Ini adalah langkah terpenting yang harus diambil. Pilih dan bekerja sama hanya dengan pemasok yang baik dan dapat diandalkan. Kami menjalin kerja sama awal dengan berbagai pemasok yang sudah terbukti, dan kemudian kami hanya dapat memilih pemasok terbaik sebagai mitra bisnis jangka panjang.

Jalin hubungan baik dengan rekan bisnis

Langkah selanjutnya yang harus kita ambil setelah menemukan supplier yang tepat untuk menjadi partner bisnis jangka panjang adalah tidak ada salahnya membangun hubungan yang baik dan lebih dekat dengan mereka. Jika ada kesempatan silahkan datang dan kunjungi perusahaan mereka, tentunya hal tersebut akan meningkatkan hubungan bisnis kita kedepannya karena banyak hal dan permasalahan di perusahaan kita yang dapat kita bicarakan dengan mereka. Itu juga bisa dilihat sebagai ungkapan kesungguhan kami dalam bekerja dengan mereka.

Jual dengan bijak

Sebagai wirausahawan yang berurusan dengan pemasaran, kita harus memiliki strategi yang tepat dalam hal ini. Gunakan teknologi yang ada untuk mendukung kelancaran perusahaan kita, gunakan alat media sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai forum promosi. Jangan salah, banyak orang sukses hanya mengandalkan kedua media tersebut. Sistem pemasaran online dapat kita jelajahi sebagai alat untuk menunjang bisnis kita, antara lain: Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (Facebook, Twitter, Instagram) dan Paid Traffic Sources, sehingga pemasaran produk kita tetap lancar dan dibanjiri order. Pada tahap ini kita bisa menabung dan menabung sejumlah tertentu yang nantinya bisa kita gunakan sebagai modal kerja.

2. Mulailah membuat toko Anda sendiri

Setelah modal yang kita miliki kira-kira cukup untuk bisnis riil, langkah selanjutnya yang perlu kita ambil adalah membuka toko dan membuat inventaris pakaian kita sendiri disana. Pemasaran melalui media online masih harus dilakukan pada tahap ini, namun yang membedakan adalah kita sudah memiliki inventaris sendiri dan toko fisik. Kami membutuhkan minimal satu orang karyawan dalam operasionalnya, karena sudah pada tahap ini kami akan menangani penerimaan, pembelian bahkan pengiriman barang ke konsumen.

Penting bagi kami untuk menguasai ilmu manajemen inventaris dan keuangan. Kita perlu mencatat stok barang dan bahkan apapun yang berhubungan dengan pengeluaran dan pendapatan yang diekspor. Tidak kalah pentingnya untuk melanjutkan pengelolaan keuangan yang bijak dan penghematan modal untuk membangun perusahaan yang lebih besar di masa depan.

3. Mulai produksi Anda sendiri

Sebagai pebisnis yang selalu berkembang, tentunya kita ingin naik ke level selanjutnya dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan. Setelah penelitian ekstensif tentang sumber material, langkah-langkah produksi, inventaris dan manajemen keuangan, serta sistem pemasaran yang baik, langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah produksi sendiri. Fase ini menjanjikan lebih banyak keuntungan dan jelas datang dengan risiko bisnis yang lebih besar, jadi pastikan Anda benar-benar siap membuat keputusan untuk melakukannya.

4. Pelopor dalam sistem kemitraan

Pada tahap ini kita sudah bisa bernafas lega, karena ketika kita mulai berada di posisi ini, yang kita lakukan sudah melampaui tahap produksi itu sendiri. Prestasi ini patut diacungi jempol karena kami memulainya dengan nyaris tanpa modal.

Mulailah membangun sistem kemitraan garmen dengan membuat 3 kategori kerjasama sebagai berikut:

  • Distribusi paket untuk kooperator dalam jumlah yang cukup banyak
  • Paket agen untuk kerjasama dalam jumlah sedang
  • Paket pengecer untuk pembelian kecil

Pastikan semua departemen produksi dan pemasaran kami dapat berjalan dengan lancar dan lancar, memenuhi semua persyaratan konsumen. Bekerja lebih keras lagi karena semakin besar perusahaan, semakin banyak sumber daya yang kita butuhkan untuk menjalankannya.

Referensi:

Jasa Top Up Paypal

Mengerti Pengertian Surat Utang Obligasi dan Jenis Jenisnya

Mengerti Pengertian Surat Utang Obligasi dan Jenis Jenisnya

Bernierforcongress – Obligasi adalah sarana investasi favorit bagi banyak investor. Meski imbal hasil atau return yang diperoleh tidak setinggi saham, investor bisa melihat keuntungan berinvestasi di obligasi.

 

Jika Anda baru memulai investasi obligasi, pelajari dasar-dasar obligasi terlebih dahulu di sini.

 

Definisi kewajiban yang harus dibayar

Apa itu bonus? Obligasi hutang adalah surat berharga yang dimiliki oleh pemerintah negara bagian atau perusahaan kepada investor.

 

Pemerintah dan perusahaan umumnya menerbitkan obligasi dengan tujuan meminjam uang. Pemerintah membutuhkan uang untuk membangun sekolah, jalan atau infrastruktur lainnya. Untuk bagian mereka, perusahaan sering mengeluarkan utang untuk mengembangkan bisnis mereka.

 

Kewajiban ini berisi sejumlah uang yang akan dilunasi oleh pemilik utang dalam jangka waktu tertentu. Tidak hanya itu, pada obligasi, pemilik utang juga secara berkala menyatakan besaran bunga, atau disebut kupon.

 

Jika saham menawarkan pengembalian yang tidak pasti, itu berbeda dengan obligasi. Investor akan mengetahui besarnya return yang akan mereka dapatkan dari awal pembelian obligasi.

kode bank muamalat syariah

 

Karakteristik obligasi hutang

Sebagian besar obligasi hutang memiliki karakteristik yang sama. Berikut ini adalah ciri-ciri hutang obligasi yang harus Anda ketahui:

 

nilai nominal atau nilai nominal

Nilai nominal adalah jumlah pokok yang akan diterima pemberi pinjaman pada saat jatuh tempo obligasi.

 

tingkat kupon atau tingkat kupon

Tingkat kupon adalah jumlah bunga yang harus dibayarkan penerbit kepada pemegang obligasi. Ada dua jenis kupon obligasi yang diterima investor, yaitu kupon tetap dan kupon variabel.

 

Tanggal Kupon atau Tanggal Pembayaran Kupon

Penerbit obligasi juga akan menunjukkan tanggal pembayaran kupon obligasi. Bahkan, kupon ini bisa dibayar dalam jangka waktu berapa pun. Namun, emiten umumnya membayar kupon obligasi setiap enam bulan atau enam bulan.

 

Tanggal kedaluwarsa atau durasi obligasi

Pada akhir jangka waktu obligasi, pemilik hutang akan membayar jumlah pokok obligasi kepada investor. Tanggal jatuh tempo obligasi ini dapat menentukan besarnya keuntungan yang akan diperoleh investor.

 

Jenis obligasi yang harus dibayar

Bonus datang dalam berbagai jenis. Di bawah ini adalah empat jenis hutang obligasi yang harus Anda pahami sebelum mulai berinvestasi:

 

  1. Jenis Obligasi Menurut Emiten

Berdasarkan penerbitnya, obligasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

 

Obligasi korporasi. Obligasi ini diterbitkan oleh perusahaan swasta atau perusahaan milik negara. Perusahaan besar seringkali membutuhkan dana yang besar. Nah, menawarkan obligasi ke pasar akan lebih menguntungkan karena suku bunga lebih rendah.

Obligasi pemerintah. Seperti namanya, obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah pusat. Indonesia memiliki obligasi jenis ini, yang disebut Obligasi Ritel Indonesia atau ORI. Obligasi ini diterbitkan di Indonesia setahun sekali.

Obligasi kota. Obligasi jenis ini diterbitkan oleh pemerintah daerah. Secara umum, tujuan penerbitan obligasi daerah adalah untuk membiayai pembangunan daerah.

 

 

  1. Jenis Obligasi Berdasarkan Nominalnya

Jika dilihat dari nilainya, obligasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, antara lain:

 

obligasi konvensional. Jenis bonus ini memiliki nilai yang sangat besar. Nilainya bisa mencapai 1 miliar rupiah per slot.

Obligasi ritel. Berbeda dengan obligasi konvensional, obligasi jenis ini dapat dibeli dengan harga terjangkau. Misalnya dari satu juta rupiah.

 

  1. Jenis Obligasi Kupon

Setiap obligasi menawarkan tingkat kupon yang berbeda. Berdasarkan nilai kupon yang diberikan, obligasi dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

 

Obligasi tanpa kupon. Jenis obligasi ini tidak memberikan kupon kepada investor. Namun, penerbit obligasi biasanya menawarkan diskon pada saat pembelian. Oleh karena itu, investor akan mendapatkan keuntungan dari selisih antara nilai nominal pada akhir umur obligasi dan nilai pembelian.

Kupon kupon. Obligasi ini akan memberikan kupon kepada investor dalam jangka waktu tertentu, sesuai kesepakatan antara penerbit dan pemegang obligasi sebelumnya.

Obligasi kupon tetap. Jenis obligasi kupon tetap ini berarti bahwa investor akan menerima jumlah bunga yang sama setiap periode waktu yang ditentukan. Besarnya bunga yang diterima sesuai dengan yang telah disepakati di awal.

Obligasi kupon variabel. Dalam obligasi ini, investor akan menerima persentase bunga yang berbeda setiap periode pembayaran. Besaran bunga ini mengikuti tingkat bunga Bank Indonesia.

 

 

  1. Jenis bonus berbasis kinerja

Bonus juga dapat dirinci berdasarkan kinerja atau throughput, yaitu:

 

obligasi konvensional. Tipe ini adalah tipe link yang biasa ditemukan. Penerbit obligasi akan meminjam dari investor dan kemudian mengembalikan uang dengan bunga atau hasil dalam jangka waktu tertentu.

Obligasi Syariah. Berbeda dengan obligasi konvensional, obligasi jenis ini memberikan imbal hasil atau yield berupa pendapatan. Nilai sewa dihitung berdasarkan prinsip Islam, tanpa mengandung unsur riba.